Bahaya Water Heater

Bahaya water heater bisa menimpa siapa saja mulai cedera ringan sampai berujung dengan kematian, hal ini dapat terjadi jika penggunaannya tidak mengikuti petunjuk keselamatan.

Semua tipe water heater yang beredar dipasaran memiliki tingkat dan level bahaya yang berbeda, kebanyakan pemanas air yang sudah beredar di indonesia adalah pemanas air listrik (sering juga disebut electric water heater), gas, serta pemanas air tenaga surya (Solar Water Heater).

Bahaya Water Heater

            Waspada Penggunaan Water Heater

Kami akan memaparkan dampak dan bahaya yang ditimbulkan dari berbagai jenis tipe pemanas air, serta cara mengantisipasinya, semoga penjelasan kami ini dapat membantu konsumen tentunya untuk menghindari bahaya yang timbul.

Bahaya Water Heater Listrik

Tipe pemanas air ini banyak digunakan konsumen karena harganya yang ekonomis serta cara perawatannya tidak terlalu repot, tetapi banyak orang salah dalam pemakainnya, sehingga dapat berakibat fatal. Namun hal ini bisa diantisipasi sejak dini, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca berita di bawah ini untuk menjadikan referensi anda.

Sekitar bulan juli tahun lalu seorang wanita meninggal dunia di seremban malaysia ketika sedang mandi jam 11 malam di kediamannya. Dia ditemukan oleh ayahnya di bathup dalam keadaan tidak sadarkan diri.

Polisi raja malaysia bagian seremban mengatakan wanita tersebut meninggal dunia karena terkena sengatan listrik dari water heater, Hasil dari pemeriksaan tim dokter rumah sakit tuanku jaafar menyimpulkan terdapak luka melepuh di bagian kiri dada wanita tersebut.

Sumber: berita online malaysia www.thereporter.my

Penyebab

Setelah membaca artikel di atas, menurut anda apa yang membuat wanita tersebut mengalami konseliting listrik?
Ya jawaban anda benar, adanya kesalahan atau kerusakan dari instrumen dari water heater listrik, serta kesalahan pemasangan instalasi unit. Untuk water jenis ini sangat riskan dengan namanya konselet. Jadi jika ada kerusakan jangan ditunda untuk memperbaikinya.

Solusi

Kerusakan yang sering terjadi dari water heater listik adalah element rusak (pecah) sehingga mengakibatkan konselet di dalam tabung, solusinya anda harus melakukan service berkala untuk perawatan (maintance) demi menjaga kelayakan dari unit pemanas anda, dan jangan lupa untuk memastikan mcb/lcb unit water heater listrik masih layak pakai, karena kegunaan jika terjadi konslet (hubung singkat) pada unit water heater maka secara otomatis memutus aliran listrik ke unit.

Segeralah perbaiki kerusakannya, jika memang anda bisa untuk mengatasinya kerjakan saja sendiri untuk menghindari bahaya water heater listrik, tetapi jika anda mengalami kesulitan silahkan menghubungi tenaga ahli water heater anda.

Bahaya Water Heater gas

Tipe kedua yang paling banyak digemari oleh konsumen adalah tipe water heater gas, karena pemasangannya cukup mudah dan menggunakan sumber utama gas, salah satu kelebihan water heater ini meskipun arus listrik padam kita masih tetap dapat menikmatinya. Namun dibalik itu semua water heater tipe ini juga dapat membahayakan.

Baca berita di koran tempo berikut ini.

Desainer ternama Ade Chandra Kierana yang populer dengan nama Adesagi ditemukan meninggal dunia bersama temannya di kamar mandi rumahnya yang beralamatkan jalan cimandiri Nomor 28 A Kota Bandung.

Hasil Otopsi Tim dokter Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung mengatakan Adesagi dan temannya meninggal dunia diduga karena keracunan gas karbon monoksida dari unit water heater gasnya.

Penyebab

Pemanas air berbahan bakar gas memang banyak dipakai warga kebanyakan. Pemakaian pemanas ini memang menjadi pilihan karena paling tidak, punya dua keuntungan. Selain harganya lebih murah, air panasnya juga cepat jadi.

Kebanyakan kalangan rumah tangga umumnya memakai water heater gas, sedangkan untuk water heater tipe listrik dan tenaga surya mayoritas yang memakainya adalah hotel, vila serta apertemen.

Kerusakan yang sering terjadi pada water heater gas adalah rusaknya regulator gas, pipa air panas tersumbat oleh kotoran, dan tekanan air kecil sehingga membuat unit tidak bekerja maksimal, jika dipaksakan akan berakibat fatal karena gas terus keluar.

Solusi

Hindari Penempatan mesin pemanas berbahan gas di dalam ruang kamar mandi yang tertutup rapat supaya anda terhindari dari bahaya water heater gas, pasanglah unit pemanas air gas di luar kamar mandi (ruangan terbuka) yang sirkulasi udaranya lancar. Namun jika sudah terlanjur dipasang dalam kamar mandi anda diwajibkan untuk memasang blower yang kegunaanya mengeluarkan sirkulasi udara serta fungsi lainnya untuk mengeluarkan asap dari pembakaran mesin yang apinya berwarna merah karena selang gas kotor. Serta pastikan selang regulator berjenis lentur tapi tebal untuk menghindari mudah kebocoran.

Bahaya Water Heater Tenaga Surya

Jenis pemanas yang satu ini memang aman, tapi harganya juga lumayan aman, hehe. Kenapa kami bilang aman, karena penempatan unit berada di luar kamar mandi tepatnya di ruangan terbuka yang muda menangkap sinar matahari. Biasanya unit di tempatkan di atas genteng untuk lebih mudah menghasilakan air panas. Jadi menurut kami bahaya water heater tenaga surya sanagat sedikit dibandingkan yang lainnya.

Kesimpulan

Setelah panjang lebar menulis artikel ini, maka kami dapat menarik kesimpulan:
1. Semua tipe water heater aman untuk digunakan, tetapi pastikan instalasi pemasanganya baik.
2. Seandainya jika terjadi kerusakan, jangan menunda untuk memperbaikinya, secepat mungkin hubungi ahli water heater di tempat anda.

Jika anda berlokasi di Jakarta timur, selatan, pusat, barat, utara, bogor, depok dan bekasi yang memerlukan bantuan dari jasa water heater, kami sebagai spesialis water heater/ pemanas air terbaik se-jabodetabek siap membantu anda untuk memberikan solusi konkrit dan aman serta terjamin untuk water heater anda. Hubungi hotline kami sekarang juga.